Cara Menanam Lidah Buaya dan Merawatnya yang Tepat

Cara Menanam Lidah Buaya dan Merawatnya yang Tepat

Lidah buaya atau Aloe vera adalah tanaman yang sudah cukup akrab di telinga. Selain sangat mudah perawatannya, tanaman ini pun dikenal punya banyak manfaat dan khasiat untuk perawatan kulit, wajah dan menghaluskan rambut.  Lidah buaya juga biasanya ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias, karena memang tanaman ini cukup elegan untuk dilihat seperti tanaman kaktus. Daunnya berwarna hijau tua sampai hijau pucat dan di bagian belakang daun berwarna bintik-bintik putih. Indocsn188 Bentuk daun ramping, tebal dan pada bagian tepi bergerigi kecil-kecil. Berikut cara menanam lidah buaya yang bisa anda praktekan dan juga cara merawatnya agar tanaman anda tetap sehat, dan segar.

Lidah buaya ini memiliki banyak manfaat yang di antaranya dapat dijadikan alternatif obat mag, penyembuh luka, luka bakar, herpes (dompo), ketombe, dan masih banyak lagi lainnya. Lidah buaya merupakan tanaman asli dari Afrika yang sekarang ini juga sering digunakan sebagai bahan nata de coco. Sehingga tak heran jika banyak pengusaha yang mulai membudidaya tanaman lidah buaya sebagai bagian dari bahan usaha mereka.

Lidah buaya adalah tanaman asli daerah tropis. Lidah buaya menyukai kondisi kering dan hangat, bukan basah dan dingin, sehingga cukup siram saat tanahnya sangat kering saja. Tanaman lidah buaya yang sehat akan menghasilkan tunas anakan yang bisa dipisahkan dari induknya untuk kemudian ditanam dalam pot tersendiri. Kemampuannya untuk hidup dan tumbuh dengan baik di iklim yang kering membuat tanaman asal Afrika ini dapat ditanam dimana saja dengan perawatan yang sangat sederhana.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai pada pertumbuhan tanaman lidah buaya, seperti perubahan warna daun atau daun lidah buaya yang rontok. Kedua masalah tersebut biasanya disebabkan oleh drainase yang tidak tepat atau cuaca ekstrim seperti intensitas cahaya matahari dan banyaknya air hujan. Berikut ini adalah tips dan trik untuk mengetahui cara merawat tanaman lidah buaya yang tepat.

Cara Menanam Lidah Buaya dan Merawatnya yang Tepat
Cara Menanam Lidah Buaya dan Merawatnya yang Tepat

Gunakan tanah kering. Gunakan tanah kering untuk menanam lidah buaya. Akan lebih baik jika Anda mencampur tanah dengan pasir, batu apung atau perlit. Kemudian berikan pupuk agar tanaman tumbuh subur.

Penyiraman. Jangan terlalu banyak menyiram tanaman lidah buaya yang akan mengakibatkan kematian tanaman ini. Sebab, tanaman ini memiliki daun berdaging yang mampu menyimpan cukup banyak air. Sehingga penyiraman yang berlebih beresiko menyebabkan tanaman jadi membusuk karena air berlebih. Anda cukup menyiramnya sehari sekali atau jika tanah terlihat sudah mulai kering.

Intensitas cahaya matahari. Lidah buaya merupakan tanaman yang bisa tumbuh di area pada ruangan dalam rumah ataupun pada area diluar ruangan, selama mendapatkan cahaya matahari yang cukup saja. Meski begitu, hindari menempatkan lidah buaya di area yang mendapat cahaya matahari yang terlampau kuat karna bisa merusak pertumbuhan daun. Paparan cahaya matahari langsung dapat membuat daun lidah buaya menjadi bersisik dan berubah warna menjadi oranye.

Ganti Pot. Pilih pot yang besar (dalam) dan cukup lebar untuk mengakomodasi pertumbuhan daun dan tunas lidah buaya. Lidah buaya yang sehat akan memiliki banyak tunas yang tumbuh. Nah, jika pot sudah tidak mencukupi lagi, segera ganti pot dan memindahkannya ketempat yang baru. Jangan biarkan tunas baru tumbuh lewat dari 10cm karena akan menyedot energi dari pohon induk yang mengakibatkan tumbuhan induk tidak sehat.

Dalam tahap menanam lidah buaya bukanlah hal yang tidak sulit sehingga siapa saja bisa melakukannya. Cara menanam lidah buaya ini sama halnya dengan cara menanam tanaman lainnya, juga untuk mengganti pot anda bisa mengambil bibit dari tanaman utama, yaitu sebagai berikut langkah-langkahnya:

Pilih dan ambil lidah buaya anakan atau lidah buaya yang masih kecil ukurannya. Untuk memilih daun lidah buaya atau bibit tanaman lidah buaya, usahakan cari bibit yang segar yaitu bibit yang tanpa adanya bintik noda hitam pada daun yang Anda pilih. Sehingga, tanaman lidah buaya Anda nantinya dapat tumbuh dengan segar dan optimal sehingga sehat terawat.

Kemudian tanam lidah buaya tersebut seperti menanam tanaman lainnya, yaitu dengan menancapkan tanaman ke tanah atau media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Perlu diingat, dalam menanam lidah buaya ini jangan terlalu dalam dan juga jangan terlalu dangkal. Jika kita menanamnya terlalu dalam dan dangkal, maka akan mengakibatkan membusuknya bibit tanaman lidah buaya. Selain itu, tanaman juga akan mudah roboh ketika nantinya sudah tumbuh besar.

Sekian dari kami semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menanam tanaman lidah buaya. Semoga anda bisa mempraktekannya dengan baik sehingga anda bisa membudidayakan tanaman ini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *