Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola dan Cara Melakukannya

Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola dan Cara Melakukannya

Teknik Dasar Sepak Bola – Seperti yang anda ketahui, sesungguhnya sepak bola ialah jenis olahraga yang mengandalkan kecepatan, kemampuan, dan strategi. Agar dapat bermain sepak bola dengan baik, anda harus menguasai kiat dasar dalam permainan sepak bola.

Kalau kamu melulu mengandalkan Sedayubet keterampilan tubuh, serta kecepatan tanpa mempelajari kiat dasar permainan sepak bola, maka anda akan mendapatkan kendala dalam bermain sepak bola.

Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola dan Cara Melakukannya
Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola dan Cara Melakukannya

Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola dan Cara Melakukannya
Maka dari itu, di tulisan ini, anda akan membicarakan mengenai kiat dasar sepak bola dan penjelasannya secara menyeluruh dan jelas supaya kamu menjadi pemain sepak bola yang handal.

Ok, inilah ini sejumlah teknik dasar dalam permainan sepak bola yang mesti anda kuasai guna menjadi pemain sepak bola yang hebat…

Teknik dasar dalam permainan sepak bola yang mesti dikuasai oleh pemain sepak bola di antaranya:

Menggiring bola (dribbling), yaitu kiat mendekati jarak ke sasaran, melalui lawan, dan menghambat permainan.
Menendang bola (kicking), yaitu kiat menendang dan menembak ke arah gawang lawan.
Mengumpan bola (passing), yaitu kiat mengoper bola ke rekan satu tim.
Menghentikan bola (stopping), yaitu kiat menghalau bola yang terlampau kuat ditendang.
Menyundul bola (heading), yaitu kiat menerima umpan bola yang melayang dari atas.
Merebut bola (intercepting), yaitu kiat mengambil/merampas bola dari lawan.
Menyapu bola (sliding tackle), yaitu kiat merampas bola dengan men-sliding pemain lawan.
Lemparan ke Dalam (trow-in), yaitu kiat melempar bola ke dalam saat bola terbit lapangan.
Menangkap bola (goal keeping), yakni teknik menjaga gawang supaya tidak kemasukan.
Untuk keterangan lebih menyeluruh dan langkah-langkah dalam mengerjakan teknik dasar permainan sepak bola di atas, silahkan baca selengkapnya di bawah ini:

1. Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)
Menggiring bola merupakan gerakan membawa bola yang dilaksanakan dengan memakai kaki guna menuju wilayah tim lawan dan menerobos pertahanan pemain lawan.

Kemampuan dalam menguasai kiat dasar menggiring bola mutlak dibutuhkan oleh seorang pemain yang baik, sebab dribble atau menggiring bola tergolong skill pribadi yang harus dikuasai oleh masing-masing pemain.

Ketika dalam permainan anda tidak mendapatkankan rekan yang bisa dioper, anda harus menggiring atau men-dribble bola tersebut.

Begitu pun ketika bila kamu menyerahkan operan akan mengakibatkan offfside, anda mungkin saja mesti menggiringnya sendiri.

Berdasarkan situasinya, dribble atau menggiring bola dipisahkan menjadi dua jenis, yaitu:

Closed dribbling, yaitu kiat menggiring bola yang dilaksanakan dengan mengontrol sarat bola saat bola sedang tidak benar-benar aman dari pemain lawan. Dalam kiat ini, bola tidak dapat ada lebih dari 1 meter di depan kaki kita.
Speed dribbling, yaitu kiat menggiring bola yang dilaksanakan dengan menendang bola ke depan, lalu anda mengejarnya dengan berlari secepatnya. Tapi, kriterianya anda harus benar-benar bebas dari tekanan pemain lawan.

Kalau anda mau membawa bola dengan cepat ke wilayah yang kosong atau tidak terdapat lawan, lakukanlah speed dribbling, yakni dengan menendang bola kemudian mengubernya.

Tapi, bila kamu membawa bola di sekitar atau di dekat lawan, maka lakukanlah closed dribbling, yakni dengan selalu mengayomi bola supaya tidak terlampau jauh atau tidak lebih dari 1/2 meter di depanmu.

Dalam mengerjakan closed dribbling, janganlah anda menaikkan kecepatan dengan teknik melebarkan tahapan kaki, atau mendorong bola lebih jauh ke depan. Tapi, tingkatkanlah frekuensi tahapan kakimu.

Nah, pulang ke kiat dasar menggiring bola, minimal ada 2 kiat atau teknik menggiring bola yang mesti anda kuasai, yakni menggiring bola memakai punggung kaki unsur luar dan menggiring bola dengan punggung kaki unsur dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *